Mengikuti Perkembangan Teknologi Digital, Seluruh Staff Unipma diberikan Pelatihan IT 

Rabu, 8 September 2021. Perkembangan teknologi di Indonesia sedang mengalami perubahan yang cukup terasa. Sejak Pandemi Covid-19 membuat pola kehidupan masyarakat berubah. Termasuk dalam hal kebutuhan kepada teknologi.
Adanya kemajuan teknologi, khususnya teknologi informasi mempunyai pengaruh yang besar terhadap pekerjaan kantor. Pekerjaan kantor dapat dilaksanakan dengan mudah dan cepat.

Namun perkembangan tersebut harus diimbangi dengan perkembangan Sumber daya manusia dan didukung dengan media atau sarana informasi yang memadai. Dalam rangka meningkatkan kemampuan staff administrasi, Universitas PGRI Madiun dibawahi biro Kepegawaian mengadakan pelatihan bidang IT untuk seluruh Staf dan Laboran.

Pelatihan tersebut dilaksanakan mulai 4 September 2021 – 8 September 2021 selama 4 hari di Lab. UPT1, Lab. UPT2, Lab. Matematika, dan Lab. Pendidikan Matematika sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Pemateri pada pelatihan ini berasal dari internal/dosen UNIPMA. Adapun materinya diantaranya:

  1. Pengoperasian Gmail lengkap (drive, docs, sheet, slides, form, gmeet, share link, dll)
  2. Pengoperasian Zoom sebagai admin lengkap
  3. Ms. Office lengkap
  4. Scan dan converter documents
  5. Aplikasi pemendek link
  6. Aplikasi sederhana edit foto 
  7. Aplikasi sederhana edit video
  8. Persuratan, tata tulis dan tata bahasa
  9. Turnitin
  10. Desain sertifikat otomatis beserta link share
  11. Manajemen web prodi

Pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Wakil Rektor II UNIPMA, Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd. didampingi Kepala Biro Kepegawaian, Drs. H. Ibu Mahmudi, MM . Dalam sambutannya Dr. Supri mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini untuk menunjang kemampuan Staf UNIPMA dan supaya Staf yang ada di UNIPMA bisa lebih cakap dalam teknologi, karena sekarang ini semua serba modern menggunakan Teknologi.

“Rencananya semua persuratan kita akan buat secara online, karena di era yang semakin modern ini dituntut untuk beradaptasi dengan teknologi yang semakin maju, ditambah dengan masih dimasa pandemi covid-19 yang mengharuskan kita untuk mengurangi mobilitas dan kebijakan WFH”, jelas Dr. Supri.

Oleh karena itu dimasa pandemi ini kita tidak boleh hanya diam tanpa mengerjakan apapun dan menunggu wabah ini berakhir. Kita harus tetap bekerja dan beraktivitas seperti biasanya tetapi dilakukan sesuai protokol kesehatan dan tentunya bekerja di rumah. Dengan demikian pergantian sistem harus diterapkan agar pekerjaan tetap dapat berjalan dengan baik seperti sebelum masa pandemi.

“Sehingga Staf maupun laboran UNIPMA ketika ada jadwal WFH masih tetap bisa bekerja dari rumah”, tambahnya.

Untungnya saat pentingnya teknologi informasi sudah mendukung perubahan sistem tersebut. Teknologi yang semakin maju dan canggih menjadikan urusan lebih mudah diselesaikan. Sehingga tidak perlu beradaptasi dengan bersusah payah dalam penerapan sistem baru.