UNIPMA Gelar Pembukaan PKKMB Secara Daring: Berprestasi di Masa Pandemi 

Selasa, 7 September 2021. Seperti tahun sebelumnya, Universitas PGRI Madiun mengadakan upacara penerimaan mahasiswa baru yang diberi nama Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Namun karena situasi pandemi Covid-19, maka PKKMB Tahun Akademik 2021/2022 dilakukan secara daring. PKKMB yang diselenggarakan selama delapan hari, Selasa 7 September - Selasa 14 September 2021 tersebut bertemakan “Berprestasi di Masa Pandemi”. Berdasarkan laporan ketua panitia PKKMB, Wawan Kokotiasa, S.IP., M.SI PKKMB ini diikuti oleh 1.106 mahasiswa program S1 dari berbagai fakultas.

Jumlah peserta tiap Fakultas diantaranya:

  1. FKIP, 511 orang mahasiswa
  2. FT, 116 orang mahasiswa
  3. FIKS, 26 orang mahasiswa
  4. FEB, 381 orang mahasiswa
  5. FH, 22 orang mahasiswa

Dengan Pemukulan Gong kegiatan dibuka secara langsung oleh Rektor  Universitas PGRI Madiun, Prof. Dr. H. Parji, M.Pd di Gedung Graha Cendekia, dan dihadiri jajaran rektorat, Wakil Rektor I,II,III,IV, Dekan fakultas, Direktur Pascasarjana dan Ketua Yayasan PPLP PT PGRI Madiun, dengan memberlakukan protokol kesehatan secara ketat.

Secara daring kegiatan PKKMB disambut oleh Nadiem Anwar Makarim, M.B.A Menteri Kemenristekdikti, Gubernur Provinsi Jawa Timur yang diwakili kepala dinas pendidikan jawa timur Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT.

Dalam kesempatan ini dilakukan penyerahan secara simbolis jas almamater oleh Rektor kepada lima perwakilan mahasiswa baru,. Juga penyematan kartu tanda peserta Mahasiswa Baru.

Untuk pembekalan mahasiswa baru di hari pertama, disampaikan berbagai materi oleh narasumber yang kompeten di bidangnya. Materi yang diberikan antara lain, Pembukaan PKKMB oleh panitia PKKMB, Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Kehidupan baru pasca pandemic (new normal) oleh Rektor UNIPMA, Ceramah tentang PPLP-PT PGRI Madiun oleh Ketua PPLP PT PGRI Madiun, Kebijakan Merdeka Belajar: Kampus Merdeka oleh Wakil Rektor I, dan Layanan Mahasiswa oleh Wakil Rektor II.

Dalam sambutan Prof. Dr. H. Parji, M.Pd., mengatakan bahwa PKKMB ini kegiatan penting yang memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus, khususnya kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan. Serta memperkenalkan dan menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di Kampus secara maksimal.

“Saya yakin peserta PKKMB ini ketika masuk ke UNIPMA nanti tidak akan kecewa, karena di UNIPMA banyak sekali prestasi tingkat nasional. Salah satunya baru-baru ini yang fenomenal UNIPMA meraih 20 Hibah Kompetisi  Nasional Kemendikbud, ini merupakan suatu kebanggaan untuk kita semua utamanya Mahasiswa Baru”, Jelas Prof. Parji.

Rektor UNIPMA berharap, Pandemi segera berakhir sehingga Mahasiswa Baru ini setelah selesai PKKMB bisa melangsungkan perkuliahan secara tatap muka di kampus.